BLANTERORIONv101

Peringatan Banjir Rob Dikeluarkan BMKG di Pesisir Lampung; Warga Diminta Perhatikan

27 November 2023
medianusantara-news.com - Bandar Lampung: Peringatan dini akan terjadinya banjir rob di pesisir pantai Lampung dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Balai Meteorologi Maritim Lampung.


Pesisir Kota Bandar Lampung, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Pesawaran, dan Kabupaten Lampung Timur menjadi lima lokasi yang diperkirakan terdampak banjir rob.

Menurut peramal cuaca Eka Suci dari BMKG Maritim Lampung, banjir rob diperkirakan terjadi antara 27 November hingga 1 Desember 2023. Ia mengklaim unsur astronomi terkait pasang surut menjadi penyebab terjadinya banjir rob.


Ketinggian air laut akan terpengaruh oleh kejadian bulan purnama yang menurut Eka akan terjadi selama tiga hari ke depan.

Hujan hanya meningkatkan kemungkinan terjadinya banjir di wilayah pesisir; itu tidak memiliki efek langsung pada mekanisme pasang surut. Meski demikian, astronomi menjadi penyebab utama terjadinya fenomena bulan purnama. Bulan November dan Desember secara historis sering terjadi banjir pesisir,” katanya.


Kondisi tersebut akan berdampak pada warga yang tinggal di sepanjang pantai, karena akan terganggunya aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan garis pantai.

“Seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, dan perikanan darat,” tandasnya.


Eka juga mengimbau warga pesisir pantai Lampung untuk waspada, berhati-hati, dan bersiap sepenuhnya terhadap potensi dampak gelombang kuat. Harap pastikan bahwa data cuaca kelautan Stasiun Meteorologi selalu diperbarui.


Komentar