BLANTERORIONv101

Basuki Ungkap Progres Istana Negara-Kantor Presiden di IKN Sudah 81%

7 Mei 2024


 Medianusantara News - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkap progres sejumlah infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN) jelang upacara 17 Agustus. Rata-rata progres proyek disebutnya berada di angka 81%.

"81%, pak Danis, itu apa saja ya?" kata Basuki di Basuki di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kalimantan Timur, Senin (6/5/2024).

Melanjutkan jawaban Basuki, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga, menjelaskan bahwa progres rata-rata 81% itu adalah untuk pembangunan batch-1.

Berbagai proyek itu terdiri dari bendungan Sepaku-Semoi, Istana dan Kantor Presiden, kantor Kementerian Koordinator. Kemudian, kantor Sekretariat Negara, kantor Sekretariat Presiden, serta rusun Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Dan jalan-jalan yang ada termasuk akses tol total sekitar 81% rata-rata. Itu 3A, 3B, dan 5A, sampai ke Jembatan Pulau Balang termasuk duplikasinya," jelas Danis.

Basuki kemudian menjelaskan bahwa sejumlah lahan di dekat Jembatan Pulau Balang yang terhubung ke IKN memang masih terkendala pembebasan lahan. Namun, pemerintah sudah mendapatkan dua opsi solusi yakni relokasi dan ganti rugi.

"Kalau mau direlokasi itu dari OIKN (Otoritas Ibu Kota Nusantara) sudah menyiapkan alternatif lokasi. Tinggal pak AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) menyosialisasikannya kepada masyarakat," pungkasnya


Komentar